12 Bahaya Akibat Kebanyakan Tidur - Waspada!



Tidur bukan hanya sebagai kebutuhan, melainkan merupakan suatu kebiasaan dan telah menjadi pola hidup. Tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan. Tidak hanya membantu kita lebih fokus, melainkan untuk mengisi energi kita kembali.

Apakah kamu adalah orang yang hobi tidur? Jika ya, sebaiknya kamu merubahnya karena itu akan memberikan dampak buruk bagi kamu.

Waktu Tidur yang Normal
Normalnya, tidur yang kita butuhkan adalah 7 jam. Tidur lebih dari 7 jam sama saja saat kita kekurangan tidur. Itu akan meningkatkan peluang umur lebih pendek sebesar 34 persen.

Umumnya, faktor yang menyebabkan ingin tidur adalah kelelahan. Sedangkan tidur di malam hari adalah suatu kebutuhan dan kebiasaan.

Menurut penelitian dari Norwegian University of Science and Technology, wanita lebih rentan terhadap risiko ini dibandingkan dengan pria. Itu disebabkan karena wanita cenderung tidur lebih lama dibandingkan pria.

Lantas, apakah bahaya yang diterima tubuh kita jika kelamaan tidur? Berikut ada
lah beberapa bahaya yang akan kamu terima jika kelebihan tidur.

1.  Kelebihan Berat Badan (Obesitas)

Sebuah penelitian mengatakan kebanyakan tidur akan menyebabkan rasa lapar yang disebabkan produksi hormon ghrelin di lambung. Terlalu banyak tidur juga dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh sehingga produksi insulin terganggu dan menyebabkan gula darah yang tidak terkontrol. Inilah pemicu terjadinya obesitas.

2.  Bahaya bagi Jantung

Tidur lebih dari 7 jam berpotensi 2 kali lebih mungkin untuk terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena seseorang kebanyakan tidur mengalami kekurangan pasokan oksigen, sehingga mengganggu aliran darah yang menuju jantung.

3.  Risiko Kematian Dini

Terdengar mengerikan bukan? Tapi memang inilah kenyataannya. Studi epidemiologi mengatakan bahwa orang yang tidur lebih lama, lebih memungkinkan untuk meninggal dunia sebelum waktunya.

4.  Menurunkan Daya Ingat

Dengan berpikir kita dapat mengasah otak kita, selain itu kita dapat meningkatkan daya ingat kita. Sementara pada saat tidur, kita tidak bisa melakukan hal itu. Orang yang kebanyakan tidur akan mengalami penuaan otak lebih cepat dan mengalami kerusakan otak yang mengakibatkan turunnya daya ingat.

5.  Risiko Terkena Stroke

Sebuah penelitian mengatakan orang yang tidur lebih lama meningkatkan 14 persen risiko terkena stroke. Bahkan mereka yang menderita hipertensi dan tidur lebih dari 7 jam akan terkena risiko stroke 3 kali lebih besar.

6.  Badmood

Memang dengan tidur kita bisa lebih tenang, tapi pernah gak sih kamu berpikir kalo itu akan membuat kita lebih murung dan lebih gampang stres?

7.  Merusak Otak

Penelitian yang dilakukan di Universitas London pada tahun 2011 mengatakan bahwa kebanyakan tidur maupun kekurangan tidur, akan menyebabkan penuaan otak 7 tahun lebih cepat. Penuaan otak mengakibatkan kita lebih sulit menerima informasi ataupun mempelajari hal-hal baru.

8.  Risiko Diabetes Naik

Kebanyakan tidur akan meningkatkan gula darah, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan diabetes naik. Para ahli menduga risiko ini terkait dengan risiko penaikan berat badan yang saya jelaskan diatas.

9.  Sakit Punggung

Pernah kah kamu mengalami sakit punggung karena membawa beban yang bertumpu di punggung kamu? Saat tidur, tubuh kamu akan bertumpu pada bagian punggung dan jika kelamaan tidur itu akan menyebabkan rasa sakit seperti membawa beban di bagian punggung.

10.  Penampilan yang Kurang Menarik

Tidur yang lebih lama menyebabkan bagian mata dan pipi terlihat bengkak. Perhatikan saja ketika kamu tidur lebih panjang, saat berkaca kamu pasti merasa wajah kamu kurang menarik.

11.  Memengaruhi Kesuburan

Kebanyakan tidur akan memengaruhi pengeluaran hormon dan siklus menstruasi. Wanita yang kekurangan maupun kebanyakan tidur akan mengalami gangguan kesuburan pada sel telur. Jadi bagi kamu wanita, jangan kebanyakan tidur yaa.

12.  Sakit Kepala

Yang terakhir adalah sakit kepala. Ketika saya tidur lebih panjang, saya akan mengalami sakit kepala ketika terbangun. Hal ini disebabkan karena kebanyakan tidur mememberikan dampak buruk pada neurotransmitter di otak yang menyebabkan sakit kepala.

Nah, itu adalah bahaya yang kamu dapat jika kamu masih kebanyakan tidur. Merugikan sekali bukan? Oleh sebab itu, biasakan lah diri kamu untuk tidur dalam waktu yang normal. Janganlah membuat waktu libur menjadi waktu untuk balas dendam terhadap jam tidur yang terbuang.

Pergilah keluar mencari udara segar dan ada baiknya kalo kamu berolahraga. Berjalan santai lebih bermanfaat dibandingkan tidur tengkurap sambil memeluk bantal di kamar.

Semoga bermanfaat dan….Tidur yang nyenyak yaaaa

Posting Komentar

0 Komentar