Mandi di Malam Hari? Sehat atau Tidak?

Mandi malam, banyak sekali yang beranggapan mandi di malam hari itu tidak baik. Efeknya akan rentan terkena penyakit rematik. Tapi itu salah, rematik tidak ada hubungannya dengan mandi malam. Rematik adalah penyakit peradangan sendi dan otot yang bisa saja dialami siapa saja. Risiko seseorang terkena penyakit rematik akan bertambah seiringnya bertambah usia. Karena pada saat kita menua makin menipis pula lapisan pelindung sendi yang ada pada tubuh kita. Jadi, mandi pada malam itu boleh-boleh saja asalkan melihat kondisinya.

Kondisi seperti apa sih yang membuat kita tidak boleh mandi pada malam hari? Simak berikut ini.

 

1. Kondisi Tubuh

Perhatikan kondisi tubuh kita, sehat atau tidak. Kalau sedang sakit, sangat dianjurkan untuk tidak mandi pada malam hari.

 

2. Suhu Udara

Perhatikan juga suhu udara, dingin atau tidak. Jika suhu udara sedang dingin jangan mencoba untuk mandi pada malam hari karena bisa menyebabkan penyakit seperti pilek.

 

3. Suhu Air

Sebaiknya jangan mandi pada malam hari kalau suhu air dingin sekali. Suhu air yang bisa diterima oleh tubuh maksimal berbeda 5 derajat celsius dengan tubuh. Misalnya suhu tubuh kita adalah 36 derajat celsius, maka suhu air harus 30-31 derajat celsius.

Jika kita telah memperhati kan kondisi-kondisi yang diatas, maka ada beberapa manfaat mandi pada malam hari. Berikut ini adalah beberapa kegunaan mandi pada malam hari :

 

1. Memberi Efek Lebih Segar

Mandi pada malam hari akan akan lebih segar daripada mandi pada siang hari. Hal ini disebabkan
karena air pada malam hari lebih dingin dibandingkan pada siang hari.

 

2. Membuat badan bersih

Tentu saja mandi akan membuat badan kita lebih bersih. Ketika telah melakukan aktivitas kita seharian maka badan terasa lengket bukan? Tapi jangan terlalu malam yaa.

 

3. Mengatasi Insomnia

Ketika anda terasa susah tidur, sangat dianjurkan untuk mandi air hangat sebelum tidur. Itu akan membantu karena dapat menyebabkan tidur yang lelap.

Tapi banyak juga yang bertanya kepada saya mengenai dampak mandi pada malam hari. Memang mandi pada malam hari boleh-boleh saja, tapi ketika kita tidak memperhatikan kondisi, maka ada beberapa dampak yang disebabkan oleh mandi pada malam hari, diantaranya adalah :

 

1. Demam

Pada malam hari panas di dalam tubuh mengalami peningkatan, dan otomatis pori-pori di dalam tubuh akan terbuka. Jadi saat mandi air dingin maka pori-pori akan lebih gampang menyerap air dingin. Pada saat itu suhu yang panas dan dingin akan bercampur dan menyebabkan panas dingin pada tubuh. Jadi lihat kondisinya juga yaa.

 

2. Asam Urat

Memang mandi pada malam hari menyebabkan tubuh lebih segar, tetapi jika terlalu sering mandi pada malam hari akan menyebabkan asam urat.

 

3. Nyeri Otot

Pernahkah kamu mengalam nyeri otot atau keram setalah mandi pada malam hari. Hal ini disebabkan oleh pori-pori tubuh lebih gampang menyerap air pada malam hari.

 

4. Metabolisme Tubuh

Mandi pada malam hari akan menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh jika tidak memperhatikan kondisi. Jadi perhatikan kondisi-kondisi yang saya berikan tadi yaa.

Itulah pembahasan tentang mandi pada malam hari. Memang mandi pada malam hari mempunyai manfaat, akan tetapi mempunyai dampak juga. Jadi, kita harus memperhatikan kondisi-kondisi yang ada. Baik kondisi tubuh maupun suhu udara dan air. Semoga bermanfaat yaa, salam sehat.

Posting Komentar

0 Komentar