Cara Membuka Presentasi yang Menarik Perhatian Audience

Foto : shutterstock.com

Di artikel saya sebelumnya saya telah memberikan cara yang baik dan benar untuk melakukan sebuah presentasi. Selain daripada itu, untuk membuat presentasi lebih berkesan lagi Anda harus membuka presentasi dengan semenarik mungkin.

Ada istilah “cinta pada pandangan pertama”, hal ini bisa Anda lakukan dalam sebuah presentasi. Anda harus memberikan kesan yang baik kepada audience saat pembukaan dalam presentasi, karena itu akan membuat audience semangat dan antusias mendengar presentasi Anda.

Berikut ini saya akan memberikan beberapa cara untuk membuka presentasi dengan baik dan tentunya akan membuat presentasi Anda lebih menarik.


1.  Ceritakan Hal Menarik

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuka presentasi adalah dengan bercerita. Kenapa cerita? Cerita tentunya disukai banyak orang, sejak kecil orang-orang juga telah sering mendengar cerita. Ntah itu dari ibu, nenek, kakek ataupun dari guru di sekolah.

Anda dapat menceritakan apa saja kepada audience, akan tetapi cerita Anda harus berhubungan dengan topik dari presentasi Anda. Untuk menceritakan hal yang menarik Anda tidak perlu harus melakukan traveling, bertemu artis ataupun bertemu super hero. Anda cukup menceritakan hal-hal kecil yang anda alami di kehidupan Anda sehari-hari.

Selain daripada itu, Anda juga dapat menceritakan dari buku yang pernah Anda baca. Atau memceritakan kembali apa yang pernah di ceritakan orang lain kepada Anda. Untuk melakukan hal ini memang harus lebih rajin untuk belajar dan berlatih.

Tapi jangan pernah bercerita dengan bertele-tele, Anda hanya menceritakan poin-poin penting saja dan bukan bercerita seperti mendongeng. Karena itu akan membuat audience bosan dan mengantuk. Namun, jika Anda berhasil melakukan ini, Anda akan dapat mencuri perhatian dari para audience dan tentunya akan lebih gampang melanjutkan presentasi.


2.  Data dan Fakta

Memaparkan data dan fakta yang relevan bisa membuat audiens tersentak. Terlebih lagi jika informasi yang Anda berikan belum pernah di dengar para audience sebelumnya. Jika Anda dapat membuat audience tersentak atau terkejut berarti Anda telah mencuri perhatian mereka.

Namun Anda harus benar-benar memberikan fakta, bukan opini. Jadi sebaiknya Anda terlebih dahulu mencari informasi dengan sumber yang terpercaya, jika Anda memberikan informasi yang salah atau berupa opini, Anda akan gagal memberikan kesan pertama yang baik kepada para audience. Sangat disarankan jika ingin memberikan fakta, Anda harus mencari lebih dari satu sumber, setelah itu Anda dapat revisi kembali informasi yang Anda dapat dari beberapa sumber tersebut.


3.  Memberikan Pertanyaan

Pembukaan dengan memberikan pertanyaan kepada audience adalah salah satu tehnik sederhana yang dapat memberikan efek yang besar kepada sebuah presentasi. Dengan mengajukan pertanyaan, para audience tidak akan bosan dan mereka akan lebih fokus mendengar presentasi Anda.


4.  Menyampaikan Maksud dan Tujuan

Dengan menyampaikan maksud dan tujuan presentasi Anda, audience akan lebih serius dalam mendengar presentasi yang anda lakukan. Karena itu akan membuat para audience tau apa yang akan mereka peroleh jika mendengar ataupun menyimak presentasi Anda. Anda juga dapat menetapkan ekspetasi berapa lama audience mendengar presentasi Anda.

Posting Komentar

0 Komentar