11 Cara Menyampaikan Presentasi yang Baik dan Benar

Foto : Alona.co.id

Di dalam dunia kerja ataupun perkuliahan, pasti kita sangat sering bertemu yang namanya presentasi. Presentasi digunakan untuk memaparkan pendapat, informasi, topik, ataupun hasil kerja kepada orang lain. Presentasi biasanya bertujuan untuk mengajak audience, meyakinkan audience, menjelaskan kepada audience, ataupun memberikan informasi kepada audience.

Presentasi adalah dimana si presenter berbicara di depan orang banyak, jadi si presenter harus dituntut agar dapat membawa suasana dalam presentasi tersebut. Agar dapat membawa suasana yang baik, tentunya si presenter harus percaya diri, tidak gugup ataupun merasakan khawatir yang berlebih.

Lantas bagaimana persiapan atau cara yang kita lakukan untuk memperoleh presentasi yang baik dan benar? Berikut ini saya akan memberikan beberapa cara untuk melaksanakan presentasi yang baik. Check it out.


1. Percaya Diri

Hal pertama yang harus anda miliki adalah percaya diri. Perlihatkan kepada audience bahwa Anda bersemangat dan sangat antusias dalam menyampaikan presentasi Anda. Dengan demikian audience juga akan semangat dan antusias dalam mendengar presentasi yang Anda sampaikan.


Memang dalam presentasi kita dituntut untuk memberikan presentasi yang menarik. Tapi jika saat menyampaikan presentasi seperti ogah-ogahan, maka audience juga akan ogah-ogahan dalam mendengar presentasi tersebut.

Jadi dalam menyampaikan suatu presentasi terlebih dahulu harus mengumpulkan rasa percaya diri. Anda dapat latihan di depan cermin ataupun latihan dengan orang terdekat Anda.


2.  Bersikap Rileks

Pastikan dalam menyampaikan suatu presentasi, Anda tidak kaku ataupun berdiam diri saja di depan. Anda harus rileks dalam menyampaikan suatu presentasi. Anda dapat berjalan ke kanan maupun kekiri, bahkan anda sesekali bisa mendekat kepada audience. Maka dari itu audience juga akan merasa dekat dan lebih percaya dengan presentasi anda.


3.  Pembukaan Presentasi yang Menarik

Antusias atau tidaknya audience dalam mendengar presentasi Anda ditentukan saat pembukaan presentasi. Anda harus memberikan pembukaan yang memukau dan semenarik mungkin agar audience antusias dalam mendengar presentasi anda.


4.  Menggunakan Teknologi

Agar presentasi anda lebih menarik, anda dapat menggunakan teknologi seperti handled remote. Dengan menggunakan handled remote anda dapat bergerak lebih leluasa sambil menjelaskan poin-poin yang ada di presentasi anda.

Agar lebih menarik lagi Anda dapat memasukkan animasi ataupun transisi dalam slide power point Anda. Itu akan membuat audience tidak bosan dalam mendengar presentasi Anda.


5.  Kuasai Materi Presentasi

Walaupun Anda dapat melihat slide presentasi, Anda harus dapat menguasai materi presentasi Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi melihat slide presentasi Anda. Hal itu sangat berguna karena akan menambah kepercayaan diri Anda. Namun jika lupa, sesekali Anda dapat melihat slide presentasi.


6.  Kuasai Peralatan yang Anda Gunakan

Biasanya dalam melakukan suatu presentasi, pasti digunakan beberapa peralatan seperti laptop, komputer, proyektor, ataupun handled remote. Anda harus menguasai peralatan yang Anda gunakan agar tidak gugup jika terjadinya masalah terhadap perlatan yang anda gunakan.


Anda juga bisa tenang karena sudah tau melakukan apa jika terjadi masalah dalam peralatan yang digunakan. Hal ini akan membantu menambah kepercayaan diri Anda dalam menyampaikan suatu presentasi.


7.  Sampaikan dengan Singkat, Padat, dan Jelas

Dalam menyampaikan suatu presentasi tidak boleh dengan bertele-tele. Karena akan membuat audience bosan dan tidak mau mendengar presentasi Anda. Sampaikan saja poin-poin penting dalam presentasi yang  Anda bawakan. Fokus saat pembukaan dan penutupan presentasi, karena biasanya audience akan lebih mengingat pembuka atau penutup yang anda sampaikan.

Bagus atau tidaknya presentasi bukan ditentukan dari lamanya Anda berbicara. Tapi ditentukan dari point-point penting yang disampaikan dengan singkat, padat, dan jelas. Dan tentunya audience mendapatkan inti dari presentasi Anda.



8.  Kenali Audience

Anda harus mengenal siapa yang mendengar presentasi Anda, karena akan berpengaruh saat Anda menyampaikan suatu presentasi. Anda dapat membedakannya dari tingkat pendidikan, tingkat jabatan, umur ataupun jenis kelamin.

Tentunya cara dan gaya yang kita terapkan dalam menyampaikan suatu presentasi kepada manajer dan mahasiswa adalah berbeda.


9.  Lakukan Kontak Mata

Dalam melakukan presentasi, Anda harus mengarahkan pandangan mata Anda kearah tempat duduk di mana audience mendengarkan presentasi Anda. Hal tersebut berfungsi agar audience mengangap bahwa Anda memerhatikan mereka. Dengan demikian audience juga akan memerhatikan presentasi Anda.



10.  Perhatikan Penampilan

Penampilan sangat penting dalam melakukan suatu presentasi, dengan berpakaian yang rapi dan bersih akan menunjukkan bahwa Anda sangat menghargai orang yang mendengar presentasi Anda. Dan demikian audience juga akan lebih menghargai Anda dalam menyampaikan presentasi.


11. Tepat Waktu

Anda tidak boleh telat dalam menyampaikan suatu presentasi, karena itu akan membuat Anda gugup dan tidak fokus dalam materi-materi yang akan anda sampaikan. Perlihatkan sikap profesional yang Anda miliki kepada para Audience.


Itulah 11 cara menyampaikan presentasi yang baik dan benar ala vinloger. Semoga artikel ini bermanfaat kepada Anda yang membacanya, terutama yang ingin melakukan presentasi. Salam sukses.

Posting Komentar

3 Komentar