Beberapa Kesalahan yang Harus di Hindari Presenter Saat Melakukan Presentasi

Foto : Hellosehat.com

Setiap orang pasti ingin melakukan presentasi yang baik dan benar, dan tentunya dapat menarik perhatian orang-orang yang mendengar presentasinya tersebut. Agar presentasi tersebut memukau dan menarik perhatian audience, ada beberapa hal yang yang harus Anda hindari dalam sebuah presentasi.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang harus di hindari presenter saat presentasi :


1.  Bertele-tele

Memang dalam sebuah presentasi seorang presenter harus menguasai keadaan dan memiliki percaya diri yang tinggi. Tapi karena terlalu percaya diri, terkadang seorang presenter akan lebih banyak berbicara, namun apa yang di bicarakan terlalu bertele-tele dan akhirnya akan membuat audience bosan.

Memang percaya diri itu sangat dibutuhkan dalam sebuah presentasi, tapi jangan membuat kepercayaan diri itu menjadi bumerang bagi Anda. Anda harus tetap fokus pada inti dari presentasi yang Anda lakukan.

BACA JUGA : 11 Cara Menyampaikan Presentasi yang Baik dan Benar


2.  Terlalu Banyak bergerak

Memang dalam sebuah presentasi sangat dianjurkan untuk bergerak dan tidak hanya diam di satu posisi saja. Namun ternyata kebanyakan bergerak akan membuat audience merasa risih  dan kehilangan fokus dari isi presentasi Anda.

Bergerak ke kanan ke kiri, maju mundur ataupun berjalan ke kanan ke kiri secara berulang menandakan si presenter sedang gugup. Gerakan berulang ini lah yang di sebut dengan pacing. Jika kamu sadar dengan kesalahan ini segeralah memperbaikinya di presentasi selanjutnya.

BACA JUGA : Cara Membuka Presentasi yang Menarik Perhatian Audience 


3.  Mengabaikan Audiens

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh presenter, dan Saya juga pernah melakukan kesalahan tersebut. Memang Anda sudah mengenal audience, Anda sudah memberikan topik yang di minta audience, dan Anda sudah mempersiapkan presentasi yang menarik kepada Audience, namun terkadang kita melupakan untuk memerhatikan Audience.

Di dalam sebuah presentasi pasti ada presenter dan juga audience, jadi jangan pernah membuat seolah-olah di dalam ruangan itu hanya ada diri Anda saja. Misalnya Anda hanya sibuk dengan layar presentasi atau kepada orang yang membantu Anda dalam mengoperasikan peralatan.

Anda harus melakukan kontak mata dan melakukan interaksi kepada Audience. Jangan sibuk berbicara dan mengabaikan audience, berikan kesempatan kepada mereka untuk meberikan pendapat ataupun memberikan pertanyaan.



4.  Posisi yang kaku dengan gestur yang sangat terbatas

Jika tadi terlalu banyak bergerak, kesalahan yang satu ini adalah kebalikannya. Presenter terlalu kaku seperti sedang upacara, tangannya yang selalu tegap dan gerakan yang dilakukan sangat kaku.
Untuk melakukan presentasi yang baik, Anda harus berdiri dengan rileks dan tidak berdiri seperti robot. Lakukanlah gerakan yang natural seperti anda bercakap-cakap atau mengobrol kepada teman-teman Anda.

Anda juga bisa bergerak ke kanan ke kiri ataupun sesekali mendekati audience, tapi ingat jangan terlalu sering dan melakukan pacing seperti yang saya jelaskan di atas.



5.  Terlalu Berusaha Keras Untuk Tampil Sempurna

Banyak presenter yang berusaha keras dan ingin tampil sempurna. Kata-kata yang digunakan seformal mungkin dan menggunakan bahasa yang baku serta tidak cacat sedikit pun. Hal ini akan membuat presenter sulit connect dengan audience.

Dalam sebuah presentasi jangan lah pernah fokus untuk mengejar kesempurnaan, melainkan carilah keterhubungan dengan audience. Cobalah untuk tampil natural dan jadilah diri Anda sendiri.



Itulah beberapa kesalahan yang terkadang tidak di sadari presenter saat melakukan presentasi. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan seperti yang di atas, Anda  dapat menghindarinya dan dapat melakukan presentasi yang memukau dan menarik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya. Jangan lupa like dan berikan komentar yaa.

Posting Komentar

0 Komentar