Sanksi Bagi yang Menyebarkan Hoax


Pada artikel saya sebelumnya, saya telah memberikan tips mengatasi hoax di media sosial. Kali ini saya akan menjelaskan beberapa sanksi atau hukuman yang diberikan kepada pelaku yang menyebarkan kabar hoax.

Kita memang tidak boleh menyebarkan hoax dimana saja. Selain dosa, pelaku juga akan di berikan berbagai sanksi pidana.

Pidana apa saja sih yang di terima jika menyebarkan hoax? Peneliti Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK), Miko Ginting, menjelaskan bahwa bagi penyebar kabar hoax akan di berikan sanksi pidana sesuai pasal 14 dan 15 UU no. 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Jerat hukum yang menggunakan pasal ini akan dikenakan hukuman dua, empat, bahkan sampai
sepuluh tahun penjara. Lamanya hukuman akan ditentukan seberapa berat pelanggaran sipelaku dengan kualifikasi seperti yang berikut :

No
Kualifikasi Konten Hoax
Sanksi
Dasar Hukum
1
Menyebarkan berita bohong dengan sengaja yang menyebakan keonaran di masyarakat.
10 Tahun
Pasal 14 ayat 1
2
Menyebarkan berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang menyebabkan keonaran di masyarakat, sedangkan ia patut menyangkal bahwa berita itu bohong.

3 Tahun

Pasal 14 ayat 2
3
Menyebarkan berita dengan melebih-lebihkan atau mengurangi dari fakta yang ada, sedangkan ia tau bahwa berita tersebut akan menyebabkan keonaran dan keresahan di masyarakat.

2 Tahun

Pasal 15

Selain itu, kepala Sub-Direktorat Penyidikan dan Penindakan pada Direktorat Keamanan informasi Kemenkominfo, Teguh Afriyadi, menyebutkan kepada hukum online bahwa ada 3 jenis konten hoax yang dapat di berikan hukuman penjara 4-6 tahun dengan denda maksimal denda Rp750 juta hingga 1 miliar berdasarkan UU No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Tranksaksi Elektronik (ITE), yakni:

No
Muatan Konten
Dasar Hukum
1
Pencemaran nama baik atau fitnah
Pasal 27 ayat 3
2
Penipuan untuk motif ekonomi yang merugikan konsumen.
Pasal 28 ayat 1 UU ITE
3
Provokasi terkait SARA
Pasal 28 ayat 2 UU ITE

Itulah beberapa penjelasan mengenai sanksi atau pidana apa saja yang di terima jika menyebarkan hoax. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Jika kamu suka dengan artikel ini, kamu dapat share ke teman-teman kamu, karena itu juga salah satu cara untuk meminimallisir terjadinya penyebaran hoax. Salam anti hoax.




Posting Komentar

0 Komentar