Tips Mengatasi Hoax di Media Sosial

Foto: Kominfo

Dalam media sosial banyak sekali hal-hal positif yang dapat kita ambil dan manfaatkan. Namun media sosial ini seperti pisau bermata dua, yang dapat menimbulkan hal negatif juga.

Seperti yang beredar akhir-akhir ini mengenai kasus seorang aktivis yang menyebarkan kabar hoax. Dan karena kabar hoax tersebut, tidak sedikit masyarakat yang kecewa dan di merasa di rugikan.
Kita selaku masyarakat harus menggunakan media sosial dengan sebijak mungkin, karena banyak sekali berita hoax yang tersebar dalam media sosial.

Lantas bagaimanakah cara mengatasi hoax di media sosial? Berikut ini adalah tips untuk mengatasi hoax seperti yang dilansir dalam kompas.com, simak berikut ini.


1.  Hati-hati dengan judul provokatif

Sering sekali berita hoax yang tersebar menggunakan judul atau isi yang provokatif, seperti langsung menuding ke pihak tertentu, ataupun melebih-lebihkan isi berita yang ada. Mungkin si penulis memang mengambil referensi dari media resmi, namun sering sekali isi nya di ubah-ubah untuk menciptakan suatu kontroversi.

Jika anda melihat berita seperti ini di media sosial, anda dapat membandingkannya ke media resmi agar tidak ada berita hoax yang tersebar. Jika tidak ada waktu untuk membandingkan, anda dapat cuek ataupun tertawakan saja apa isi dari berita tersebut.


2.  Cermati alamat situs

Pengguna media sosial harus cermat dalam mengambil atau menyimak berita yang ada. Kunjungilah situs resmi agar tidak menyebabkan berita hoax tersebar. Saat ini banyak sekali penulis-penulis yang menyebarkan berita hoax hanya karena ingin viral saja.

Lain halnya dengan vinloger yang mengambil dan menyaring terlebih dahulu informasi-informasi yang di dapat dari media sosial, sekalipun itu dari media resmi.


3.  Periksa fakta

Dalam membaca berita di media sosial, terlebih dahulu kamu harus memerhatikan dari mana sumber berita tersebut. Apakah dari institusi resmi seperti KPK atau POLRI? Sebaiknya kamu jangan langsung percaya jika sumber berita tersebut dari pengamat, ormas ataupun tokoh politik. Dan kamu juga harus membandingkan dari beberapa sumber.


4.  Cek keaslian foto

Pada zaman sekarang, teknologi sudah makin meningkat. Orang-orang pun makin pintar dalam mengaplikasikannya. Banyak sekali foto-foto hoax yang tersebar dalam media sosial. Hanya sedikit editan maka terciptalah suatu kontroversi.

Cara untuk memeriksa keaslian foto adalah dengan drag-and-drop ke kolom pencarian google images. Google akan memberikan beberapa foto yang serupa dan kita dapat membandingkannya.


5. Ikuti grup anti hoax

Kamu dapat mengikuti grup anti hoax di media sosial kamu. Misalnya grup facebook, instagram, whatsapp, line dan dalam media sosialnya. Di grup anti hoax ini kamu dapat berdiskusi tentang informasi yang sedang beredar, apakah hoax atau tidak.


Itu adalah beberapa tips mengatasi hoax di media sosial. Mari mulai sekarang kita menggunakan media sosial dengan bijak dan tentunya tidak terjebak dengan berita hoax! Terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar