Lebih Baik Membaca atau Menonton?

Foto : Bukupedia.com

Kegiatan membaca khususnya di Indonesia cukup memprihatinkan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.

Sekarang banyak masyarakat Indonesia yang memilih menonton di bandingkan membaca, dan itu sangat di sayangkan sekali. Bukan berarti menonton itu tidak baik, banyak sekali pengetahuan dan wawasan yang kita dapat dari menonton. Kita juga tidak dapat memungkiri bahwa menonton itu adalah kegiatan yang menyenangkan.

Namun sekarang ini sangat banyak tontonan yang memperlihatkan hal-hal negatif seperti, film dewasa, film kekerasan ataupun yang lainnya. Dan tontonan ini dapat di lihat semua kalangan termasuk anak-anak. Selain itu sekarang ini banyak media televisi yang menayangkan acara-acara yang tidak penting yang membuat waktu si penonton habis terbuang sia-sia.

Lantas manakah yang lebih baik, membaca atau menonton? Seperti yang dilansir dalam kompasiana berikut ini adalah beberapa alasan mengapa membaca lebih baik daripada menonton.


1.  Buku Lebih Jujur dari Televisi atau Bioskop

Adegan di televisi seringkali menyesatkan penonton  dan seringkali berujung dalam pembodohan. Contohnya saat kisah pembantu yang dinikahi majikannya atau seorang sahabat yang mengingini suami sahabatnya sendiri. Ini sangat berpengaruh di dalam dunia nyata, karena tontonan seperti ini bisa saja yang menonton berkeinginan untuk melakukan seperti apa yang ditontonnya. Pembodohan ini tidak akan kamu temukan di dalam buku ataupun novel.

BACA JUGA : KEUNTUNGAN MEMILIKI KULIT GELAP


2.  Membaca Mengasah Otak dan Kreatifitas

Keahlian para pekerja dunia pertelevisian memang tidak perlu di ragukan lagi, mereka dapat meracik suatu buku atau novel dengan ratusan bahkan ribuan halaman dengan film berdurasi dua jam. Tapi tahukah kamu dengan menonton pikiran kita akan diarahkan hanya untuk menonton adegan demi adegan yang disajikan di layar. Namun film yang kamu tonton tersebut adalah hasil imajinasi seseorang yang terlebih dahulu membaca novel, dan kita seperti manusia bodoh yang menyetujuinya begitu saja tanpa tau cerita yang sebenarnya.

Tapi dengan membaca, kita akan bebas menggambarkan kalimat demi kalimat menjadi suatu gambar atau imajinasi. Dan secara tidak langsung otak akan terbiasa dan terasah sehingga meningkatkan kreatifitas kita.

BACA JUGA : 6 Fakta Unik Albert Einstein yang Belum Kamu Ketahui


3.  Membaca itu Investasi

Dengan membaca otomatis kita akan membeli bukunya terlebih dahulu. Untuk alasan hobi atau hanya mengisi waktu luang tidak salah kita menyisihkan uang puluhan ribu rupiah untuk sebuah buku. Setelah kita selesai membacanya buku itu masih menjadi milik kita. Dan buku-buku tersebut dapa kamu simpan atau kamu jual kembali.

Berbeda dengan menonton bioskop, kamu membeli tiket untuk sebuah film dalam jangka waktu tertentu. Dengan berakhirnya film, maka begitu juga dengan uang kamu yang telah kamu gunakan untuk membeli tiket.

BACA JUGA : Kenapa Sih Cwek dan Cwok Indonesia Suka K-Pop?


4.  Mempertajam Fokus dan Konsentrasi

Dengan membaca kita akan dilatih untuk lebih konsentrasi dan fokus untuk memvisualisasikan kalimat demi kalimat. Berbeda dengan menonton, karena setiap moment telah di siapkan secara detil sehingga tidak melibatkan si penonton untuk mengembangkan imajinasinya.

BACA JUGA : Lakukan Hal Ini Agar Hubungan Kalian Langgeng Sampai Pernikahan


5.  Mengatasi Insomnia

Ini adalah salah satu bukti yang saya rasakan sendiri. Ketika menonton saya tidak mengantuk walaupun waktu sudah menunjukkan tengah malam. Berbeda dengan membaca, baru 20 menit membaca buku saya langsung mengantuk dan memilih tidur daripada melanjutkannya. Tapi jangan ditiru ya, usahakan untuk menyelesaikan bacaan kamu terlebih dahulu baru tidur.


Demikianlah beberapa alasan yang membuat membaca lebih baik daripada menonton. Tapi bukan berarti saya melarang kamu untuk menonton, kamu dapat menonton asalkan itu mendidik dan menambah wawasan kamu.

Posting Komentar

0 Komentar