Belum Menerima Panggilan Kerja? Ini Tips agar CV-mu Cepat Dilirik Perusahaan

Foto : Log Pose

Sudah mengirim banyak CV namun belum ada panggilan kerja satupun? Mungkin masalahnya ada di CV yang kamu kirim. Dalam melamar suatu pekerjaan curriculum vitae (CV) tentunya menjadi elemen yang sangat penting.

Sebagai seorang pelamar pekerjaan tentunya kamu pasti sangat memerhatikan hal yang membuat perusahaan tertarik denganmu, dan biasanya sebagai langkah awal pasti perusahaan melihat dari CV yang kamu buat.

Selain itu yang membuat kamu harus berhati-hati dalam membuat CV adalah karena saat mengirimkan CV kamu tidak bisa menariknya kembali. Nah, karena itu vinloger akan memberikan 4 tips menyusun CV yang baik dan tentunya akan membuat perusahaan lebih tertarik dengan CV kamu.


1. Personal Branding

Langkah ini adalah dimana kamu memasarkan diri kamu sendiri atau menciptakan merek pada diri kamu. Mungkin kamu pernah menerapkannya pada media sosial kamu. Misalnya kamu seorang yang suka dan bisa menggunakan kamera, dan kamu punya hasil jepretan yang sangat menarik. Dan terciptalah bahwa kamu seorang photographer.

Contohnya kamu ingin bekerja sebagai juru kamera, kamu harus menuliskan profil bagaimana ketertarikan kamu dengan pekerjaan tersebut.

BACA JUGA : Lebih Baik Membaca atau Menonton?


2.  Meletakkan Informasi Penting di Halaman Pertama

Langkah berikutnya adalah menuliskan informasi penting di halaman pertama, biasanya informasi ini berupa data pengalaman bekerja. Misalnya kamu adalah seorang Fresh graduate, kamu bisa mencantumkan pengalaman organisasi, pengalaman magang , atau proyek luar kampus yang tentunya sesuai dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar. Kamu juga perlu mencantumkan deskripsi singkat mengenai pekerjaan yang pernah kamu lakukan. Namun jika kamu sudah bekerja sebelumnya, kamu juga dapat mencantumkan pengalaman pekerjaan kamu.

BACA JUGA : Berikut 6 Keuntungan memiliki kulit berwarna Gelap


3.  Menyertakan informasi diri

Ternyata masih banyak pelamar pekerjaan yang tak menuliskan kontak mereka di CV. Misalnya di CV kamu sudah banyak sekali pengalaman yang kamu tuliskan. Namun kamu lupa mencantumkan kontak kamu, hal tersebut tentunya akan sia-sia. Jadi jangan lupa untuk mencantumkan kontak kamu seperti nomor telepon, email dan sebagainya.

BACA JUGA : Kenapa Sih Cwek dan Cwok Indonesia Suka K-Pop?


4.  Jangan Asal Searching

Nah, yang satu ini juga tidak kalah penting. Untuk membuat CV yang menarik tentunya kamu akan search atau mencari template yang menarik di google. Walaupun gratis, kamu tidak boleh asal googling yaa. Misalnya pada template terdapat kolom yang mencantumkan pengalaman pekerjaan, namun si pelamar masih baru lulus sekolah atau lulus kuliah dan belum mempunyai pengalaman pekerjaan, maka kolom itu bisa dihapus.



5.  Sesuaikan CV dengan Tujuan Perusahaan

Tips yang terakhir ini adalah termasuk hal yang sangat penting. Banyak sekali pelamar pekerjaan yang mengirimkan format CV yang sama ke perusahaan yang berbeda. Perlu di ketahui setiap perusahaan memiliki budaya kerja yang berbeda-beda. Jadi alangkah baiknya terlebih dahulu kamu mencari tau mengenai ketentuan perusahaan yang akan di tuju. Jangan sampai desain yang dipilih malah minim informasi.


Menulis surat lamaran memang membutuhkan waktu, jadi jangan asal jadi yaa. Di butuhkan waktu, pikiran, kreativitas, dan kesabaran yang lebih. Jadi kamu harus semangat membuat CV. Dan jika masih belum ada panggilan jangan patah semangat yaa.

Salam sukses dan semoga berhasil!

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus