Liburan mengendarai mobil? Lakukan hal ini agar perjalanan kamu sampai di tujuan


Libur panjang akhir tahun biasanya dimanfaatkan orang untuk pulang kampung atau keluar kota bersama keluarga. Destinasi yang di tuju biasanya cenderung menempuh jarak yang lumayan  jauh.
Keselamatan orang-orang yang di dalam mobil pasti tergantung dengan si pengemudi. Tentunya si pengemudi harus memperhatikan dengan detail keadaan mobil saat ingin mengemudi.

Dan tidak kalah penting, kondisi fisik saat mengemudi juga sangat berpengaruh dalam keselamatan selama di perjalanan. Agar selamat sampai tujuan, kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut.



1.  Istirahat yang Cukup


Seperti yang di jelaskan di atas, kondisi fisik saat mengemudi sangat berpengaruh dalam keselamatan selama perjalanan. Jika kamu ingin liburan ke tempat yang lumayan jauh dengan membutuhkan waktu hingga 10 jam atau lebih, kamu harus beristirahat selama 3 jam sekali. Dan jika kamu mengantuk, menepilah dan istirahat sejenak.

Dengan seperti itu kamu dapat meminimalisir terjadinya suatu kecelakaan. Namun jika dalam mobil tersebut ada 2 pengemudi, kalian dapat saling bergantian dan melanjutkan perjalanan tanpa berhenti.



2.  Lakukan Peregangan


Melakukan perjalanan jauh biasanya identik dengan mengantuk atau rasa pegal-pegal. Perlu diketahui, idak sedikit kecelakaan di jalan terjadi karena si pengemudi mengantuk atau tubuhnya keram.

Jadi, jika kamu ingin melakukan perjalanan jauh dan merasa mengantuk atau tubuhmu pegal-pegal, berhentilah sejenak dan lakukanlah peregangan.

Peregangan seperti menggerakkan kaki, tangan, kepala atau menggoyangkan pinggul, dapat mengatasi kantuk dan pegal-pegal. Jangan pernah kamu memaksakan melanjutkan perjalanan hanya bertujuan agar cepat sampai. Lebih baik lama tapi selamat, daripada cepat tidak tentu selamat. Bukan menakut-nakuti yaa, hehehe.



3.  Perhatikan Posisi Mengemudi


Berikutnya adalah memerhatikan posisi saat mengemudi. Hal ini terkadang diabaikan oleh pengemudi, padahal posisi pengemudi berpengaruh terhadap kondisi fisik agar tidak cepat lelah.
Saat mengemudi atur posisi duduk dan memegang stir senyaman mungkin. Caranya atur posisi duduk sesuai panjang kaki dan jarak tangan kamu ke stir mobil, sehingga memudahkan refleks kamu saat mengendalikan stir, menginjam rem, gas, ataupun kopling.



4.  Berkendara dengan Sabar dan Tenang


Hal ini perlu kita perhatikan karena hal ini juga berpengaruh pada keselamatan kita di jalan. Saat berkendara jauh tentunya si pengemudi akan mengalami kelelahan, dan saat kelelahan pasti mudah terpancing emosi.

Sering sekali di jalanan kita menemukan pengemudi yang ugal-ugalan, dan tidak jarang juga emosi kita terpancing karena hal tersebut. Kita harus lebih sabar dengan kejadian seperti itu, lebih baik mengalah terhadap kendaraan yang seperti itu.



5.  Berdoa


Yang terpenting dari semuanya adalah berdoa. Tidak ada yang bisa menandingi kuasa daripada Tuhan. Jadi marilah kita merendahkan hati dan berdoa pada Tuhan, karena dengan berdoa kita bisa lebih tenang dan berkendara dengan nyaman.


Nah, itulah beberapa tips agar perjalanan kamu sampai di tujuan dengan selamat. Jadi kalo kamu ingin liburan, jangan lupa perhatikan tips yang diatas yaa. Selamat liburan.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. yang penting adalah konsentrasi yang tinggi pada saat berkendara, jangan sampai hilang fokus., kalau sudah merasa ngantuk, mending berhenti sejenak untuk istirahat

    BalasHapus
  2. Terima kasih, tips-tips berkendara agar sampai dengan selamat di tujuannya sangatlah bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  4. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus