Inilah Hal Positif Merantau dan Hidup Sebagai Anak Kos

Vebma.com

Hal positif merantau dan hidup sebagai anak kos  - Hai sahabat Vinloger, kali ini kita akan membahas beberapa hal positif menjadi anak kos-kosan. Apakah kamu menjadi salah satunya?

Sebagai seseorang yang tinggal jauh dari kampung halaman, tentu hal tersebut akan menjadi tantangan tersendiri bagi kamu, karena kamu di tuntut untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri terhadap lingkungan kamu yang baru. Jika kamu sebagai mahasiswa, kamu juga harus menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang ada di kampus, dan jika sudah bekerja harus menyesuaikan diri di lingkungan pekerjaan.

Namun, lepas dari semua itu, anak kos memiliki keuntungan tersendiri yang secara tidak langsung akan mereka miliki. Salah satunya adalah menjadi pribadi yang lebih mandiri, anak kos di tuntut agar menjadi orang yang mandiri dan lebih mengandalkan dirinya sendiri untuk menjalani atau menghadapi masalah yang dia mililki. Untuk lebih lengkapnya, simak berikut ini.


Hal Positif Hidup Sebagai Anak Kos

1.  Menjadi Pribadi yang Lebih Bertanggung Jawab

Mahasiswa kampus

Sebagai prbadi yang jauh dari orangtua, tentunya kamu akan belajar untuk bertanggung jawab dalam hal apapun. Mengapa seperti itu? Karena kamu akan menghadapi suka dan duka di kehidupan kamu sehari-hari, kamu juga akan merasa capek dengan tugas di perkuliahan maupun kerja yang menumpuk dari tempat kamu bekerja.

Namun jika kamu dapat mengatasi semua itu, kamu pasti akan menjadi orang yang lebih bertanggung jawab dalam segala sesuatunya. Hal ini lebih sulit karena sebagai anak kos kamu diberi kebebasan memilih apakah bermalas-malasan atau bangkit dan mengerjakan tugas tersebut.



2.  Menjadi Pribadi yang Berani Mengambil Resiko

Merdeka.com

Kamu yang hidup sebagai anak kos, pasti lebih cenderung memilih sesuatunya dengan berdasarkan pilihan sendiri. Hal ini di sebabkan karena sebagai perantau kita di beri kebebasan mengambil keputusan tanpa campur tangan siapapun, termasuk orangtua.

Keputusan yang kamu pilih tersebut akan sangat berpengaruh dengan kehidupan kamu. Karena jika salah mengambil keputusan pasti akan berakibat negative bagi kehidupan kamu. Jadi kamu harus berpikir dan lebih selektif dalam mengambil suatu keputusan.

Jika kamu yakin dengan diri kamu sendiri, pasti semua itu akan berjalan dengan baik. Karena orang yang takut mencoba akan kalah dengan orang yang berani mencoba.



3.  Menjadi Pribadi yang Mandiri

Vemale.com

Bukan anak perantau namanya jika kamu tidak bisa di bentuk sebagai pribadi yang mandiri. Sebagai anak kos, kamu harus bisa mengerjakan segala sesuatunya dengan diri sendiri. Sebagai seseorang yang tinggal sendiri, kamu harus bisa cuci piring, cuci baju, menyetrika, memasak dan mengerjakan apapun dengan sendiri.

Namun tidak usah khawatir, karena jika kamu sudah terbiasa mengerjakan sesuatu hal dengan sendiri, secara tidak langsung kamu telah menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tidak mengandalkan orang lain lagi.



4.  Menjadi Pribadi yang Bisa Mengatur Keuangan dengan Baik

IDN Times

Anak kos-kosan identik dengan kata hemat. Karena sebagai anak kos, kamu harus bisa mengatur keuangan dengan sebaik-baiknya. Bagi yang sudah kerja harus bisa menyesuaikan kehidupannya sehari-hari dengan gaji yang di dapatnya. Dan bagi mahasiswa yang masih di beri uang oleh orangtuanya, harus bisa mengatur keuangan sebaik mungkin agar meminimalisir pengeluaran.

Yang menjadi nilai plus bagi anak kos, jika gaji atau uang yang di beri orangtua tidak cukup dalam sebulan, maka kamu akan berpikir keras bagaimana cara untuk mendapatkan uang yang lebih agar hidupmu tidak berkekurangan.



5.  Bisa Menjaga diri Walaupun Jauh dengan Keluarga

Vinloger.com

Bisa menjaga diri sendiri di negeri orang lain tentunya sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai anak rantau. Bukan hanya mengatur keuangan saja, sebagai pribadi yang mandiri kamu juga harus bisa menjaga diri sendiri dengan baik.

Jangan sampai mengambil langkah yang salah seperti ikut menggunakan narkoba, karena di negeri orang lain biasanya akan banyak godaan yang membuat kita hancur. Jadi kamu harus bisa menjaga dan mengontrol diri kamu, agar sesuatu hal yang negatif tidak menimpa kehidupan kamu.



6.  Memiliki Solidaritas yang Tinggi

Vebma.com

Mungkin dulu sewaktu masih tinggal di rumah sendiri kamu terlihat cuek atau bersifat apatis, namun sebagai anak kos kamu akan belajar yang namaya berbagi. Contohnya jika teman kos kamu memerlukan bantuan, kamu harus dengan senang hati membantunya, karena jika kamu memerlukan bantuan, pasti yang pertama menolong kamu adalah teman kos kamu bukan orangtua kamu.

Karena sudah terbiasa dengan hal ini, secara tidak langsung sifat solidaritas akan timbul di diri kamu sendiri. Dan itu akan berguna bagi kehidupan kamu selanjutnya.


Nah, itulah beberapa hal positif merantau dan hidup sebagai anak kos ala Vinloger. Bagaimana? Apakah sifat tersebut ada di diri kamu?

Namun semua itu tergantung diri kita sendiri, apakah akan menjadi pribadi yang lebih baik atau malah menjadi pribadi yang buruk. Karena sebagai anak kos kita akan diberi kebebasan dalam memilih jalan yang akan di ambil. JIka ada dampak positif lain yang kamu rasakan kamu bisa komen di kolom komentar.

Jika kamu suka dengan artikel ini kamu bisa like dan share ke teman-teman kamu. Terimakasih 

Posting Komentar

2 Komentar