Jarang Minum Air Putih? Ini Dampak Yang Akan Kamu Alami

JPNN.com

Apakah kamu salah satu orang yang jarang minum air putih? Jika iya, stop kebiasaan itu jika kamu ingin memperoleh hidup yang sehat. Tidak sedikit orang-orang memilih minuman lain seperti susu, kopi, teh manis dan minuman bersoda dibandingkan air putih. Padahal air putih sangat penting bagi tubuh kita agar dapat berfungsi dengan baik.

Sangat dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas yang setara 2 liter untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang tubuh, seperti penyakit kronis dan sakit kepala. Air putih juga ternyata bisa memengaruhi naik turunnya mood seseorang.

Jika kamu jarang minum air putih, maka kamu akan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh. Apa saja? Simak berikut ini.



1.  Kulit Kering

TribunNews.com

Saat mengalami dehidrasi, resistensi dan fungsi enzim tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini akan menyebabkan kulit jadi kering dan terlihat kusam. Selain itu lapisan kulitpun dapat memburuk. Tentunya hal ini dapat di cegah dengan sering meminum air putih.



2.  Gangguan Ginjal

doktersehat.com

Gangguan pada ginjal adalah salah satu dampak yang dapat kita rasakan jika jarang minum air putih. Menurut Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (KEMENKES) Imran Agus Nurali  gangguan ini dapat muncul di awal usia 40 tahun bila kebutuhan air tidak terpenuhi sejak muda.



3.  Sulit Fokus

cosmopolitan

Minimnya asupan air putih dapat menurunkan konsentrasi, menurunkan fokus dan dapat menyebabkan gangguan pada fungsi otak. Perlu diketahui 80 persen otak manusia tersusun atas air.



4.  Mudah Lelah dan Pusing

Liputan6.com

Seseorang yang jarang minum air putih akan lebih cepat merasa lelah dan pusing dibandingkan orang yang memiliki asupan air yang cukup. Hal tersebut terjadi karena saat dehidrasi, kadar oksigen dalam tubuh juga akan ikut berkurang. Akibatnya fungsi syaraf dan organ yang lainnya akan menurun sehingga menyebabkan tubuh merasa lelah. Demikian juga dengan otak jika tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup akan membuat kepala terasa pusing.



5.  Tekanan Darah yang Terganggu

klikdokter.com

Yang terakhir adalah tekanan darah yang terganggu. Yapss, kita sama-sama tahu jika darah itu terbuat dai 90 persen air. Maka ketika kekurangan komposisi ini, akan terjadi penyempitan pembuluh darah yang membuat pergerakan darah jadi terbatas. Akibatnya, jantung harus bekerja keras untuk memompa darah sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Jika di biarkan, hal ini dapat menyebakan penyakit jantung hingga mengalami stroke.


So, itulah bahaya yang dapat kita alami jika tubuh kita tidak memiliki asupan air yang cukup. Ada pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi sebelum dampak buruk tersebut terjadi, pastikan kamu mencukupi kebutuhan cairanmu dengan sering minum air putih.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat khususnya bagi kamu pembaca setia Vinloger. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu yaa. Terimakasih 

Posting Komentar

0 Komentar